BERWAWANCARA DENGAN NARASUMBER DARI BERBAGAI
KALANGAN DENGAN MEMPERHATIKAN ETIKA BERWAWANCARA
A. Standar Kompetensi
Berbicara
2. Mengungkapkan berbagai informasi melalui
wawancara dan presentasi laporan
B. Kompetensi
dasar
2.1 Berwawancara dengan
narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara
C. Indikator
1.
Mampu
membuat daftar pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara
2.
Mampu
melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara
D. Tujuan
3.
Siswa
mampu membuat daftar pokok-pokok pertanyaan untuk wawancara
4.
Siswa
mampu melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai
kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara
E. Petunjuk
1. Mendengarkan wawancara untuk bertanya
jawab tentang etika berwawancara
2. Menentukan narasumber yang akan
diwawancarai
3.
Menentukan topik wawancara
4.
Membuat daftar pertanyaan untuk
wawancara
5. Melakukan wawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan
6. Mencatat pokok-pokok hasil wawancara
F. Materi
1. Kajian Teori
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan
wawancara:
a.
membuat daftar pertanyaan;
b.
melakukan wawancara dengan sopan;
c.
mencatat pokok-pokok wawancara;
d.
merangkum dan menyampaikan hasil wawancara.
Sebelum menyiapkan daftar pertanyaan, ada beberapa
hal yang perlu dipersiapkan oleh pewawancara. Misalnya, menetapkan tujuan
wawancara, menentukan tema/topik, dan menentukan narasumber yang akan
diwawancarai.
Salah satu keberhasilan wawancara ditentukan oleh
kemampuan si pewawancara dalam menyusun pertanyaan-pertanyaan yang sesuai
dengan topik.
Selain itu, ada lagi hal-hal yang harus
diperhatikan si pewawancara saat melakukan wawancara:
a.
berpenampilan dan bersikap sopan;
b.
menggunakan bahasa yang komunikatif dan sopan;
c.
menciptakan suasana yang menyenangkan bagi narasumber.
2. Contoh Wawancara
Siswa : Selamat pagi, Bu!
Kepala Sekolah :
Selamat pagi! Apa khabar?
Siswa : Baik, Bu!
Kepala Sekolah :
Wah, ada apa Mia? Ada yang bisa Ibu bantu?
Siswa : Betul, Bu, saya ingin mewawancarai Ibu
sebentar. Apakah
Ibu tidak keberatan?
Kepala Sekolah :
Oh, tidak, silakan! Untuk apa kamu mewawancarai saya, Mia?
Siswa : Untuk majalah dinding, Bu. Nah, saya ingin
tahu soal dana
BOS. Boleh tahu apa dan bagaimana dana BOS itu?
Kepala Sekolah : Oh, itu dana BOS
adalah Dana Bantuan Operasional Sekolah.
BOS berasal dari Pemerintah sebagai dana kompensasi BBM.
Dana ini diberikan pada Sekolah Dasar dan Sekolah
Menengah Pertama. Tujuannya, ya, untuk
membantu biaya
operasional sekolah.
Siswa : Mengapa Pemerintah perlu memberikan bantuan
operasional
sekolah, BU?
Kepala Sekolah :
Karena selama ini Pemerintah menyadari banyak siswa yang
putus sekolah atau tidak dapat
menyelesaikan pendidikan
dasar 9 tahun karena ketiadan biaya. Jadi,
dengan adanya
dana BOS diharapkan dapat mengurangi atau
menghilangkan
sama sekali jumlah siswa yang putus sekolah. Dengan adanya
Dana BOS, siswa yang bersekolah di sekolah
mahal akan
membayar uang sekolah lebih murah,
sedangkan siswa di
sekolah biasa siswanya bisa tidak membayar
uang sekolah
sama sekali.
Siswa : Berapa besar bantuan yang diberikan
pemerintah kepada
setiap siswa, Bu?
Kepala Sekolah :
Untuk siswa SD Rp 19.500,00 sedangkan siswa SMP Rp
27.500,00
Siswa : Kemudian, kapan dana BOS tersebut bisa
dicairkan, Bu?
Kepala Sekolah :
Pada bulan September 2007, dana BOS sudah dapat diambil.
Siswa : Oh, lalu di mana Ibu mengambil dana BOS itu?
Kepala Sekolah :
Di BRI unit terdekat.
Siswa : Satu lkagi, Bu. Bagaimana cara Ibu mengelola
dana BOS?
Maksud saya digunakan untuk apa saja dana
itu?
Kepala Sekolah :
Dana BOS ini kami kelola untuk biaya operasional sekolah.
Misalnya, untuk membeli peralatan
pembelajaran, alat-alat
peraga pendidikan, dan membayar tenaga
honorer, seperti
guru maupun karyawan TU yang belum
berstatus Pegawai
Tetap.
Siswa : Banyak sekali informasinya. Terima kasih, Bu
atas Kepala
wawancaranya. Semoga hasil wawancara ini
berguna untuk
pengetahuan para pembaca Mading.
Sekolah : Ya ... sama-sama. Oh, ya, kapan hasil
wawancara ini dimuat?
Siswa : Semoga, edisi minggu ini bisa terbit.
Kepala Sekolah :
Ya, semoga sukses ya!
Siswa : Tarima kasih, Bu!
G. Penilaian
1. Soal
a. Susunlah daftar panduan pertanyaan untuk berwawancara dengan nara sumber
di lingkungan sekolah!
b. Lakukanlah wawancara berdasarkan daftar panduan pertanyaan
yang kalian susun !
No comments:
Post a Comment