Monday, July 13, 2020

BAB I BERITA SEPUTAR INDONESIA

Teks Berita

Materi Teks Berita Bahasa Indonesia
Kelas VIII SMP




Teks berita yaitu teks yang melaporkan kejadian, peristiwa atau informasi mengenai sesuatu yang telah atau sedang terjadi yang bersifat aktual (hangat dibicarakan khalayak). Teks berita biasanya disiarkan melalui media elektronik seperti televise, radio, dan situs internet, atau media cetak seperti Koran dan majalah. Mari kita simak ciri-ciri Teks berita dalam Materi Teks Berita Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP sebagai berikut.

Ciri-ciri
1. Menarik
2. Terkini (aktual)
3. Dapat dipercaya (faktual)
4. Diterima oleh masyarakat
5. Jelas
6. Kalimatnya sederhana
7. Segera disampaikan

A. STRUKTUR TEKS BERITA
Teks berita terdiri dari tiga struktur yang saling berkaitan , yaitu meliputi:
1. Orientasi berita merupakan awal atau pembukaan tentang hal (peristiwa atau kejadian) yang akan diberitakan. Pada bagian ini berisi penjelasan secara singkat mengenai informasi yang akan diberitakan.
2. Peristiwa merupakan bagian inti dari berita. Pada bagian ini berita dinarasikan dengan sedemikian rupa yakni dijelaskan tentang jalannya kejadian dari awal sampai akhir sehingga tersaji beberapa fakta asli yang dimunculkan di dalam teks berita.
3. Sumber berita merupakan bagian teks berita yang berisi mengenai asal di dapatannya informasi yang diberitakan. Sumber berita biasanya terletak di akhir teks berita, tapi tidak jarang pula ia bisa terletak di dalam berita itu sendiri.
Unsur Kebahasaan Teks Berita
Dalam proses penggalian atau penyajian berita berpedoman pada rumus 5W + 1H (What, where, when, who, why, dan how). Rumus 5W + 1H dalam bahasa Indonesia dapat di singkat AdiKSiMBa. Berikut ini penjelasannya satu per satu:
Berikut penjelasannya satu per satu:
1. What : apa peristiwa yang diinformasikan
2. Where : dimana peristiwa itu terjadi
3. When : kapan peristiwa tersebut terjadi
4. Who : siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut
5. Why : mengapa hal tersebut bisa terjadi
6. How : bagaimana peristiwa itu terjadi
Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas yang kemudian dikemas menjadi berita. Teks berita yang baik memuat Judul merupakan kata kunci yang mewakili keseluruhan berita. Pada judul biasanya memuat tentang apa kejadian yang di bahas atau disampaikan. Teras berita, yaitu bagian yang sangat penting dari berita. Dalam teras berita terangkum inti dari keseluruhan isi berita. Ditulis untuk menarik pembaca melihat lebih lanjut isi berita. Tubuh berita, merupakan inti dari teks berita. Tubuh berita merupakan kelanjutan isi berita yang dapat memberitahukan lebih rinci tentang keseluruhan peristiwa yang diberitakan.

B. UNSUR KAIDAH TEKS BERITA
Kaidah kebahasaan merupakan kaidah atau ketentuan bagaimana suatu teks di bangun. Dengan adanya kaidah kebahasaan inilah kita dapat membedakan apakah suatu teks itu termasuk ke dalam teks berita atau bukan. Ciri atau kaidah kebahasaan teks berita adalah sebagai berikut:
1. Adanya keterangan
Keterangan dalam teks berita berfungsi untuk menjelaskan lebih lanjut kalimat-kalimat dalam teks berita. Keterangan ini diperlukan agar pembaca berita dapat memahami berita dengan benar.
2. Verba Transitif
Kata kerja yang menggambarkan proses, perbuatan, atau keadaan. Verba transitif adalah verba yang memerlukan dua nomina, satu sebagai subjek, dan satu lagi sebagai objek dalam suatu kalimat aktif. Objek dapat berfungsi sebagai subjek dalam kalimat pasif. Contoh verba transitif yaitu memulai, menuduh, menabrak.
3. Verba Pewarta
Verba pewarta adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan suatu percakapan. Verba pewarta ini menjadi salah satu ciri kebahasaan yang ada dalam teks berita,
Contoh teks berita


       Buka lebih banyak klik di sini

No comments: